Rabu, 20 Maret 2013

Hari ke 7 Bersama FlexiNet Unlimited

Kartu FlexiNet Unlimited - dokumentasi pribadi
Dimulainya era baru kebijakan Smartfren Unlimited yang menawarkan kecepatan lebih tinggi di paket internet kelas bawahnya ternyata justru mencekik pengguna Smartfren Unlimited. Keadaan seperti ini memaksa kita (khususnya saya) untuk beralih ke alternatif yang lain.

Alternatif yang sekarang saya gunakan adalah FlexiNet Unlimited. FlexiNet Unlimited menawarkan paket langganan dengan kecepatan setara koneksi CDMA 20000 1X yaitu 153 kbps. Atau sekitar 20 KBps.

Bukan kecepatan yang istimewa, namun sangat cukup untuk kebutuhan seperti sekedar untuk browsing. Tetapi sayangnya migrasi tidak semulus yang saya perkirakan. Ada beberapa kendala yang saya hadapi dalam menggunakan FlexiNet Unlimited.

Tidak kompatibel dengan router TL-MR3220 (-)
Diantaranya adalah inkompabilitas dengan router nirkabel TP-Link TL-MR3220 yang saya gunakan. Untuk lebih mudahnya gambaran yang terjadi adalah sebagai berikut,
  1. Komputer + EC1261 + Smartfren = tidak ada masalah
  2. TL-MR3220 + EC1261 + Smartfren = tidak ada masalah
  3. Komputer + EC1261 + FlexiNet = tidak ada masalah
  4. TL-MR3220 + EC1261 + FlexiNet = bermasalah

Masalah apa yang terjadi? Koneksi FlexiNet Unlimited sangat rentan terputus apabila digunakan bersama dengan TL-MR3220. Koneksi selalu terputus dalam jangka waktu 5 - 60 menit. Bahkan pernah juga koneksi terputus seketika setelah terhubung. Padahal, jika FlexiNet digunakan langsung di komputer koneksi dapat bertahan hingga berhari-hari. Uji coba terlama saya aktifkan selama 3 hari tanpa terputus.

Apakah karena koneksi FlexiNet tidak dapat dibagikan? Sepertinya bukan. Baik melalui TL-MR3220 ataupun komputer, uji coba tetap saya lakukan dengan berbagi koneksi. Digunakan di 1 komputer desktop, 1 netbook, 1 tablet, 1 smartphone android, dan 1 ponsel samsung corby. Kendala terjadi jika modem diaktifkan melalui TL-MR3220.

Artinya, jika saya ingin membuat koneksi tetap tersedia 24 jam sehari, saya juga harus menyalakan komputer 24 jam sehari.

Bagaimana dengan router TP-LInk TL-MR3420? Tidak ada bedanya. Tetap tidak bisa.
Bagaimana jika router diinstal OpenWRT? Tetap tidak ada bedanya.

Bagaimana dengan penggunaan dengan modem lain atau router lain? Karena terbatasnya peralatan uji, maka saya belum bisa memberikan jawaban.

Nilai PING sering kurang stabil (-)
Standarnya, nilai ping 64 byte pada FlexiNet berikisar pada angka 320 milidetik. Berbeda dengan Smartfren yang berkisar pada angka 120 milidetik. Bukan perbedaan yang menjadikan FlexiNet menjadi kalah telak dari Smartfren.

Tetapi, terkadang sering nilai ping FlexiNet unlimited dapat melonjak ke angka belasan ribu milidetik pada jam sibuk internet seperti sore dan malam hari, dimana hal tersebut sangat jarang terjadi pada Smartfren. Namun jangan khawatir. Keadaan seperti ini biasanya tidak berlangsung lama. Hanya berkisar kurang dari 5 menit.

nilai ping FlexiNet Unlimited pada waktu tertentu

Kecepatan mendekati dengan yang dijanjikan (+)
Kecepatan yang didapat lebih mendekati 153 kbps seperti yang dijanjikan oleh FlexiNet Unlimited. Seperti yang dapat kita lihat pada grafik konsumsi bandwith pada System Monitor di Ubuntu berikut.

grafik konsumsi bandwith FlexiNet Unlimited

Terlihat kecepatan unduh sempat melebihi 150 kbps. Sedangkan pada Smartfren Unlimited hanya didapat 60-80 kbps. Meskipun begitu, Smartfren memiliki keunggulan 512 kbps di 2 GB pertama :D

Perpanjang otomatis (+)
FlexiNet Unlimited memberikan kemudahan dengan menyediakan fasilitas perpanjang otomatis. Selama pulsa pelanggan mencukupi, maka paket yang aktif akan otomatis diperpanjang ketika masa paket telah selesai.

Fasilitas perpanjang otomatis ini tidak ada di Smartfren. Sehingga ketika paket habis, pelanggan harus mendaftar kembali paket yang dipilih. Kalau sampai lupa mendaftar ulang sedangkan pulsa masih tersisa? Maka sisa pulsa akan tersedot karena diluar masa paket berlaku tarif per kilobyte atau per menit pemakaian. Merepotkan jika digunakan untuk dibagikan koneksinya melalui router. Dan juga sedikit 'menjebak' jika pengguna tidak menyadarinya.

Pilihan masa paket lengkap (+)
Pilihan paket yang akan kita gunakan untuk berlangganan juga tergolong sangat lengkap. Masa paket yang tersedia diantaranya harian, mingguan, bulanan, triwulan, semesteran, hingga tahunan! Sungguh FlexiNet memberikan banyak pilihan bagi penggunanya yang ingin setia menggunakan FlexiNet Unlimited.

---

Kesimpulan
FlexiNet Unlimited adalah alternatif memadai bagi anda yang menggunakan internet untuk keperluan standar seperti browsing. Tetapi sedikit catatan bahwa tampaknya FlexiNet tidak sesuai jika digunakan bersama router TL-MR3220 atau TL-MR3420 baik dengan firmware asli TP-Link maupun firmware pihak ketiga seperti OpenWRT.

Alternatif dari Flexi
Jika dirasa kecepatan yang ditawarkan 'kurang mirip' dengan Smarfren Unlimited reguler bulanan, mungkin anda dapat mencoba Flexi Mobile Broadband dengan paket Get Harian. Tarif paket adalah Rp 2.500,- per hari. Atau dalam satu bulan anda perlu membayar Rp 75.000,- yang artinya anda Rp 25.000,- lebih mahal dari Smartfren Unlimited reguler bulanan.

Kecepatan yang didapat dengan Flexi Mobile Broadband paket Get adalah 300 kbps dengan kuota 500MB per hari jika anda memilih paket harian. Menarik! Tetapi saya belum dapat memberikan ulasan lebih lanjut karena kartu yang saya gunakan hanya dapat mendukung jaringan CDMA 2000 1X.

Namun perlu dicatat bahwa sepertinya Flexi Mobile Broadband sepertinya bukanlah layanan unlimited. Terbukti dengan disediakannya tambahan kuota. Tetapi 500MB per hari sepertinya cukup jika digunakan sendiri. Tetapi entah apakah paket ini juga menawarkan fasilitas perpanjang otomatis.

Selain itu juga ada FMB Promo. Dengan tarif bulanan sekitar Rp 45.000,- kita disuguhi koneksi dengan kecepatan hingga 1200 kbps tanpa batasan kuota. Dan yang perlu diingat adalah penawaran ini mungkin memang sekedar promo sementara waktu.

Referensi:
"FlexiNet Unlimited", Flexi. Diakses 20 Maret 2013.
"Panduan berlangganan paket Flexi Mobile Broadband", Flexi. Diakses 20 Maret 2013.

11 komentar:

ndop mengatakan...

Postingan komplit begini yang aku suka! Lanjutkan!!! Aku pakek spidi kecepatannya stabil sih..


(dzofar.com)

Ega Zulfikar mengatakan...

saya sudah coba hitung2an dengan speedy mas. tapi kayaknya masih kurang hemat :D dan juga kurang cocok dengan kebutuhan. selain itu kami dirumah sengaja enggak pasang telefon kabel

Febria Retno Ramadhani mengatakan...

Wah, review nya lengkap banget, plus minusnya ditampilkan, jadi nggak terlihat seperti promosi, haha :D

Saya masih pake paketan dari provider GSM sih, soalnya smartphone saya hanya mendukung GSM,hehe..
lagipula kebutuhan browsing saya di malam hari nggak begitu banyak, jadi ya cukup lah pake koneksi dari smartphone. maklum kalo pagi sampe sore pake wifi kantor :">

nice share ! ditunggu review yg lain :)

Ega Zulfikar mengatakan...

review telat. hahahaha...
memang niatan saya bukan promosi. kalo promosi, yang ada bikin produk yang saya promosikan jadi menurun kualitasnya karena jadi banyak yang pakai..

saya sih gsm di smartphone malah enggak saya paket, karena biasanya hanya digunakan ketika bukan dikantor maupun dirumah dengan porsi sekitar 5% saja. di rumah, ya pakai wifi yang sekarang pakai flexinet ini..

nah, maka dari itu saya pengen awal april depan segera bisa masuk kantor lagi :D

Febria Retno Ramadhani mengatakan...

haha, ya maap, maklum orang sibuk :p
iya sih, saya tetep daftarin paket biar kalo malem butuh browsing pake laptop kan smartphone nya bisa dijadikan portable hotspot, lagian modem saya GSM semua, jadi pada nganggu modemnya --"

wah iya, semoga cepet sembuh biar bisa berktivitas di kantor lagi, biar semakin banyak bahan yg bisa diposting, semangat :)

Ega Zulfikar mengatakan...

sibuk menganggur :P

oke aamiin terimakasih :D

Ega Zulfikar mengatakan...

Kabar susulan:
Disana saya sebutkan bahwa konektivitas FlexiNet Unlimited di router nirkabel TP-Link TL-MR3220 sangat rentan terputus.
Tapi FlexiNet Unlimited hari ini dapat bertahan lebih dari 7 jam. Bukan tidak terputus sama sekali, karena koneksi pertama saya dial sejak sekitar pukul 00.30 dini hari tadi. Tetapi setidaknya konektivitas dapat bertahan sejak saya bangun tidur hingga sekarang.

Kang Topjer mengatakan...

ane stuju dg nilai plus 'perpanjang otomatis', beda dg smartfren yg musti manual registrasi tiap bulan (paket yg ane pake),

sayang'y buat jaringan evdo flexi masih jauh dri daerah ane (desa) pdhal pngen nyoba jg koneksi broadband

Ega Zulfikar mengatakan...

betul mas. mungkin memang stategi smartfren supaya pelanggan yang pengen praktis beralih ke connex evo

Ega Zulfikar mengatakan...

update mas! semua paket Neo Unlimited BULANAN ada fitur auto renewal.. untuk referensi bisa dibaca disini http://www.smartfren.com/ina/connex/

Pratomo Zainul Muttaqin mengatakan...

trims gan infonya,

tapi bukannya di smartfren EVO ada perpanjang otomatis nya